Solusi Listrik Rumah Tangga: SHS Atau PLTS 1000W/ 1 kW

Solusi Listrik Rumah Tangga: SHS Atau PLTS 1000W/ 1 kW – HP. 081803215590 (WA), Memakai energi yang berlimpah dan tidak pernah habis adalah keinginan setiap ilmuwan dan setiap orang. Masalahnya, jika saja sejak dulu ada teknologi yang membuat kita dengan mudah mengubah energi terbaharukan menjadi energi yang diperlukan, krisis energi tidak perlu terjadi. Namun, sejak dulu teknologi dimulai dengan uap dan bahan bakar fosil, sehingga ketika sumber tersebut telah mencapai batasnya, barulah kita merasa panik. Untungnya sekarang sudah ada teknologi untuk mengubah salah satu energi terbaharukan menjadi energi listrik, yaitu SHS atau PLTS 1000W/ 1 kW. Digunakan untuk apa saja teknologi ini? Mari simak bersama penjelasan di bawah ini.

SHS atau PLTS 1000W/ 1 kW merupakan pembangkit listrik yang bisa dipasang untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari masyarakat dalam jumlah tertentu. Atau paling tidak penduduk dalam satu daerah yang tidak terlalu luas cakupannya bisa menikmati listrik dengan teknologi ini. Memang harganya tidak murah, dan belum banyak penjual yang memasang harga yang bersahabat, namun pemerintah sudah memulai untuk memasang teknologi ini sebagai solusi untuk menerangi daerah-daerah terpencil di Indonesia. Untuk satu paket PLTS ini bisa bertahan dari 10-20 tahun. Karena fungsinya yang bukan hanya menyimpan tapi juga menghasilkan listrik dari energi sinar matahari, maka aliran yang digunakan adalah direct current atau yang lebih dikenal sebagai arus DC. Arus ini dapat meminimalisir adanya losses dan tidak memerlukan inventer yang menyebabkan self consumption. Jadi, teknologi ini hemat energi dan sangat ramah lingkungan.

Teknologi SHS atau PLTS 1000W/ 1 kW  ini bisa digunakan untuk satu rumah. Jadi, daripada repot untuk menggunakan jalur distribusi, akan sangat baik untuk memasangnya di setiap rumah sehingga tidak ada curi mencuri listrik dari rumah lain. Panel-panel surya akan  dipasang di bagian atap atau menggunakan penyangga tiang. Selanjutnya sinar matahari yang masuk akan dikonversi menjadi listrik dan disimpan dalam baterai jenis lithium ion atau lifepo4. Biasanya, para distributor di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya akan menyediakan price list berupa paket yang dihargai semurah mungkin. Namun, definisi murah ini tentunya berbeda dengan yang dibayangkan masyarakat di tempat terpencil.

Panel yang dipasang sendiri memiliki teknologi yang canggih. Jika langit sedang terang, maka secara otomatis SHS atau PLTS 1000W/ 1 kW ini akan menyala dan mengisi sendiri, dan waktu tidak ada sinar matahari, panel tidak akan menyimpan energi apapun. Begitu pula jika baterai terlah terisi penuh, maka panel akan berhenti menerima sinar matahari. Kapasitas yang berlebihan hanya akan menyebabkan umur baterai berkurang. Selain menjadi solusi untuk daerah terpencil, teknologi ini juga menjadi sarana untuk membuat fasilitas umum lebih efisien, sehingga pajak rakyat menjadi tidak sia-sia.